RESUME SISTEMATIS PENULISAN SKRIPSI
NAMA:DEVI ANGGRENI
NIM:11901261
RESUME SISTEMATIS PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PAI/FTIK INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK
1.Cover/Sampul
a.Judul skripsi
"UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI THAHARAH MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARDING TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS VII MTS.SWASTA ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016.
b.Penulis:SYUHADA
2.Lembar Motto
"Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan"(Q.S Alfatihah:5)
"Segala yang pernah dilalui jadikanlah suatu pengalaman,segala yang sedang dilalui adalah kenyataan dan segala yang akan dilalui adalah harapan dan cita-cita".(penulis).
3.Abstrak
Syuhada,(2013)."Upaya peningkatan hasil belajar materi thaharah mata pelajaran fiqih melalui model pembeljaran cooperative learning tipe jigsaw bagi siswa kelas VII MTS.Swasta islamiyah pontianak tahun pelajaran 2015/2016 M/1436 H.Skripsi:Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan(FTIK) Jurusan pendidikan agama islam negeri pontianak,2015.
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masalah dalam proses pembelajaran fiqih pada materi thaharah,yang di lakukan peneliti di MTS.Swasta islamiyah pontianak,masalah yang paling menonjol yang di hadapi peneliti di lapanagan adalah tentang belajar siswa yang masih kurang.
Berdasarkan yang terjadi di lapangan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VII MTS swasta.Islamiyah pontianak di sebabkan oleh beberapa faktor:1).Guru kurang menguasai strategi pembelajaran sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton.
2).Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran terasa kering dan membosankan siswa. 3).Guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa hanya duduk,diam,catat dan memperhatikan apa yang guru jelaskan.
Fokus penelitian ini secara umum adalah:"Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar materi thaharah mata pelajaran fiqih melalu model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada proses pembelajaran fiqih materi thaharah di kelas VII MTS.Swasta islamiyah pontianak.Dari fokus umum di atas,agar peneliti lebih terarah,peneliti membatasi penelitian pada:1).Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam materi thaharah mata pelajaran fiqih bagi siswa kelas VII MTS.Swasta islamiyah pontianak tahun pelajaran 2015/2016. 2). Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam materi thaharah mata pelajaran fiqih bagi siswa kelas VII MTS.Swasta islamiyah pontianak tahun pelajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode diskriftif.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
4.DAFTAR ISI
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
BAB I.PENDAHULUAN
\ A.Latar Belakang
B.Fokus Masalah
C.Tujuan Permasalahan
D.Manfaat Penelitian
BAB II.UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI THAHARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW
A.Pendahuluan Terdahulu
B.Pengertian Upaya Peningkatan Hasil Belajar
C.Tujuan Penelitian Hasil Belajar
D.Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
E.Pengertian Model Coordinative Learning Tipe Jigsaw
F.Prosedur Penerapan Model Pembelajaran Coordinative Learning Tipe Jigsaw
G.Kelebihan Dan Kekurangan Model Tipe Jigsaw
H.Materi Pembelajaran Fiqih (Thaharah)
BAB III.METODE PENELITIAN
A.Pendekatan Penelitian
B.Lokasi Dan Waktu
C.Indiktor Keberhasilan PTK
D.Sumber Data
E.Definisi Operasional
F.Tehnik Dan Pengumpulan Data
1.Observasi
2.Wawancara
3.Studi Dokumen
G.Teknik Analisis Data
BAB IV.DESKRIPSI WILAYAH PENELITIAN DAN PEMBAHAHASAN PENELITIAN
A.Diskripsi Wilayah Penelitian
B.Deskripsi Hasil Penelitian
BAB V.PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Saran
DAFTAR PUSTAKA
5.KUTIPAN
1.Menurut Adi D(2001),Dalam kamus bahasanya istilah peningkatan berasal dari kata tingkat yang berarti berlapis-lapis dari sesuatu yang tersusun sedemikian rupa,sehingga membentuk suatu susunan yang ideal,sedangkan peningkatan adalah kemajuan seseorang dari tidak tahu menjadi tahu,dan tidak bisa menjadi bisa.
2.Menurut Nana Sudjana(1997:28),perubahan sebagai hasil proses belajar dapat di tunjukan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuan,pemahaman,sikap dan tingkah laku dll.
3.Menurut Sardiman(2003:241)hasil belajar siswa adalah gambaran akhir dari tindakan siswa selama proses belajar berlangsung yang biasanya berbentuk angka atau nilai segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pendidikan.
4.Menurut Suharsimi Arikunto(1998:7)bahwa tujuan penelitian hasil belajar adalah untuk dapat mengetahui siswa-siswi mana yang berhak melanjutkan pembelajaran karena sudah berhasil menguasai materi dan apakah metode mengajar yang digunakan sudah tepat atau belum.
5.Menurut Rusman(2008:205)model pembelajaran jigwas ini di kenal juga dengan kooperatif para ahli.Karena anngota setiap kelompok di hadapkan pada permasalahan yang berbeda.
6.Fahrul Razi(2011:54)mengatakaan bahwa untuk mengetahui apakah sebuah penelitian tindakan berhasil mencapai tujuannya perlu di tuliskan indicator keberhasilan.
7.Menurut Lexy J.Meleong(1991:4)dalam penelitian kualitatif deskriptif penelitian sendiri atau dengan bantuan orang lain merupakan alat pengumpulan data utama
8.Menurut P.Joko Subagyo(1997:63)dapat di bedakan menjadi 2 bentuk,yaitu observasi partisipan(pengamatan terlibat)dan observasi non partisipan(pengamatan tidak terlibat)
9.Menurut Hadari Nawawi(1985:100)observasi adalah pengamatan dan pencacatan secara sistematis terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.
10.Menurut Susilo(2007:16)penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang di lakukan oleh guru dikelas atau disekolah tempat mengajar,dengan penekann pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran.
6.DAFTAR PUSTAKA
1.Ahmadi,Abu,H,2005 SBM(Strategi Belajar Mengajar) Bandung:Pustaka Setia
2.Amir Abyan,MA,Zainal Muttaqin,MA,2009.Fiqih kelas VII Tsanawiyah,Semarang,Pt,Karya,Toha Putra.
3.Arikunto A.(2008).Penelitian Tindakan Kelas Bumi Aksara.
4.Arsyad A.(2008).Media pembelajaran,Jakarta:Raja Grafindo Persada.
5.Fahrul Razi 2011.Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Penerbit STAIN Pontianak.
6.Hadari Nawawi(2001),Metode Penelitian Bidang Sosial Yokyakarta:GMU Press.
7.Dekdiknas,2008,Panuan Pengembangan Bahan Ajar.
8.Djamarah,2000.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka cipta.
9.Dekdiknas,2002.Hasil Belajar.
10.Sardiman.(2003:241).Hasil Belajar Siswa Jakarta:Rajawali Pers
Tidak ada komentar:
Posting Komentar